Batik Kalimantan dan Penjelasannya


Batik Kalimantan Yang Tidak Kalah Unik Dari Batik Daerah Pulau Jawa

Banyak orang yang belum mengenal secara pasti mengenai batik Kalimantan yang ikut berpartisipasi menyebarkan pakaian tradisional bangsa Indonesia ini. Padahal, batik Kalimantan ini bisa menambah kesan yang berbeda jika Anda memakainya dan memiliki cirikhas yang mampu bersaing pula bersama beberapa batik tradisional lainnya. Berikut ini beberapa informasi menarik untuk Anda mengenai batik Kalimantan yang bisa menambah wawasan serta referensi mengenai batik yang berasal dari luar pulau Jawa.

Sejarah Batik Kalimantan dan Penjelasannya

Banyak orang yang belum mengetahui secara pasti sejarah batik Kalimantan, akan tetapi ada beberapa cerita rakyat yang sangat menarik dan diyakini kisah ini merupakan asal usul munculnya sebuah karya berupa batik khas Kalimantan. Ceritanya adalah bermula ketika seorang patih yang bernama Lambung Mangkurat yang melakukan tapa alias semedi cukup lama di atas rakit, dikarenakan rakit tersebut mengikuti alur derasnya aliran sungai, pada akhirnya sampailah ia di kota bagantung. Akan tetapi, sang patih tersadarkan ketika muncul seorang wanita yang biasa disebut sebagai putri Junjung buih muncul dihadapannya. Putri tersebut mengatakan bahwa patih Lambung Mangkurat akan menjadi seorang raja di benua ini, asalkan ada beberapa syarat yang harus bisa dilakukan oleh sang patih. Salah satu syaratnya adalah membuat sebuah kain yang telah di tenun dan di calap, dikerjakan oleh empat puluh putri dan motif batik nya harus bercorak wadi dan pada ringin. Itulah asal muasal berkembangnya batik khas Kalimantan yang hingga saat ini menjadi sebuah cirikhas yang unik dan ikut membantu melestarikan budaya tradisional batik Indonesia.

batik-kalimantan

Motif batik Kalimantan

Motif batik Kalimantan memiliki khas yang berbeda dari beberapa batik yang ada di Pulau Jawa. Hal itu dikarenakan teknik penjahitannya serta warna yang dihasilkannya sangatlah kaya akan hasil efeknya karakternya. Hal itu dikarenakan komposisi benangnya dan juga bahan pengikatnya memang didesain dengan teknik yang sedikit berbeda pada biasanya. Kemudian dari jenis benang yang digunakan pun sangat berbeda, oleh karena itu motif batik kalimantan memiliki karakter sendiri yang sangat murni dan bercirikhaskan abadi dari Kalimantan. Jika kita melihat jenis benang yang digunakan, tentunya perbedaan tersebut dikarenakan iklim yang terdapat pada kawasan Kalimantan sangat berbeda dengan kawasan pulau Jawa. Benang yang berbeda dikarenakan mereka menyesuaikan kebiasaan serta cocoknya kulit mereka di kawasan Kalimantan. Kemudian jika kita melihat dari coraknya, tentunya pula perbedaan tersebut sangatlah mencolok berasal dari kebudayaannya di jaman dahulu. Akan tetapi, jika disambungkan pada jaman saat ini, jenis kain yang dibuat untuk batik Kalimantan sudah mulai modern berasal dari jenis bahan yang sama, yaitu polyester, sutera, rayon, dan lain sebagainya.

Macam-macam motif batik Kalimantan

Dari beberapa referensi, terdapat macam-macam motif batik Kalimantan yang tersebar secara meluas ke seluruh Indonesia, yaitu:

  1. Batik Kalimantan motif Daun Jaruju
  2. Batik Kalimantan motif Kambang Tampuk Manggis
  3. Batik Kalimantan motif Kambang Tanjung
  4. Batik Kalimantan motif Sari Gading
  5. Batik Kalimantan motif Jajumputan
  6. Batik Kalimantan motif Bintang Bahambur
  7. Batik Kalimantan motif Sisik Tanggiling
  8. Batik Kalimantan motif Ombak Sinapur Karang
  9. Batik Kalimantan motif Kulit Kurikit
  10. Batik Kalimantan motif Kangkung Kaombakan

Batik Kalimantan sering pula disebut sebagai kain batik sasirangan. Sebutan tersebut menjadi sebuah kebiasaan adat istiadat di sana, pada jaman dahulu kain ini biasa digunakan untuk laki-laki sebagai ikat untuk kepala atau sabuk, kemudian untuk perempuannya kain saringan ini digunakan sebagai selendang ataupun kemben kerudung untuk kegiatan sehari-hari mereka. Selain itu, kain sasiringan ini pun biasanya digunakan untuk acara ritual adat yang bertemakan penyembuhan penyakit bagi yang sedang mengalami penyakit berbahaya dan menahun. Akan tetapi, hal tersebut sudah tidak digunakan lagi dan menjadi sebuah pakaian dan sarana untuk dipergunakan masyarakat umum.

Demikian ulasan singkat mengenai batik Kalimantan yang memiliki cirikhas yang unik dan mampu bersaing dengan batik daerah lainnya. Memiliki bahan yang berbeda, corak yang berbeda, serta kesan adat istiadat yang berbeda pula. Semoga dengan uraian di atas dapat membantu Anda menambah wawasan dan referensi mengenai batik Kalimantan.

Batik Kalimantan dan Penjelasannya tags:

batik kalimantan dan penjelasannya, motif batik kalimantan timur, motif batik kalimantan timur dan maknanya, batik kalimantan barat, motif batik kalimantan barat dan maknanya, motif batik kalimantan barat dan penjelasannya, batik kalimantan tengah, motif batik kalimantan utara, batik kalimantan timur, batik kalimantan selatan, batik kalimantan utara, batik kalimantan vector, batik kalimantan timur vector, batik kalimantan barat dan penjelasannya, jual kain batik kalimantan timur, motif kain batik kalimantan selatan, 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s