Batik Jambi dan Penjelasannya


Batik Jambi dan PenjelasannyaJambi merupakan daerah yang ikut berpartisipasi menyebarluaskan pakaian tradisional batik Indonesia. Memiliki cirikhas serta motif yang berbeda tentunya, dikarenakan akan sejarah yang berbeda, iklim yang berbeda, budaya yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah kreatifitas karya yang berbeda pula untuk batik ini. Beberapa informasi menarik untuk Anda mengenai kesan unik dari batik Jambi yang bisa Anda dapatkan, guna menambah wawasan dan referensi dalam mencari batik diluar pulau Jawa.

Sejarah Batik Jambi

Sebelum kepada informasi corak dan cirikhas dari motif batik kota Jambi ini, perlu Anda ketahui pula asal muasal dari sejarah batik Jambi yang hingga kini berkembang. Cerita itu berasal dari jamannya Kesultanan Melayu di Jambi, untuk penempatan waktu dan tahunnya masih belum jelas dan pastinya, akan tetapi pada masa kesultanan tersebut batik khas Jambi sudah ada dengan motif utamanya adalah flora dan fauna. Akan tetapi, perbedaannya adalah pakaian batik ini hanya diperbolehkan untuk lingkungan keluarga sultan saja, belum menyebar hingga kepada masyarakat sekitarnya. Permasalahan pertama adalah dikarenakan pada jaman kesultanan dahulu masih sangat jarang orang yang mampu membuat kerajinan batik tersebut. kemudian, penyebaran pengenalan batik tersebut pada masa itu kurang diperhatikan yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial antara masyarakat yang memiliki ekonomi rendah dan tinggi. Karena pada masa tersebut hanya orang-orang bangsawan dan ekonomi tinggilah yang mampu mendapatkan pakaian batik khas Jambi. Kemudian, akhirnya pada masa orde baru sekitar tahun 1980-an, batik khas Jambi akhirnya dilakukan pengembangan dan pembinaan secara massal oleh pemerintahan setempat.

batik-jambi-angso-duo

Ada sedikit keunikan dari sejarah batik ini di masa orde baru, ketika masa pengembangan batik secara massal, corak dan warna khas Jambi masih melekat sebelum tahun 1990-an. Akan tetapi, ketika melebihi tahun tersebut akhirnya warna batik khas Pekalongan dan juga Cirebon. Pada akhirnya saat ini ciri khas batik Jambi kembali lagi kepada budaya sebelumnya.

Motif Batik Jambi

Perlu Anda ketahui pula, untuk mencari batik yang unik di luar Pulau Jawa, salah satunya motif batik Jambi bisa menjadi referensi yang baik. Hal ini dikarenakan sejarah dari batik Jambi berasal dari kelas bangsawan pada masa lalu. Dengan demikian, sangatlah wajar seorang bangsawan pada masanya memiliki karakateristik corak serta warna tentunya menghasilkan kesan yang mewah, elegant, dan mempunyai arti yang mendalam. Keunikan dari batik ini adalah motif yang tidak pernah memperlihatkan rangkaian sesuatu, maksud disini adalah kesan gambar yang sendiri-sendiri. Beberapa nama motif yang terkenal dari batik jambi adalah sebagai berikut:

  1. Batik Jambi motif Bungo Pauh
  2. Batik Jambi motif Batang Hari
  3. Batik Jambi motif Kapal Sanggat
  4. Batik Jambi motif Duren Pecah
  5. Batik Jambi motif Candi Muara
  6. Batik Jambi motif Merak Ngeram
  7. Batik Jambi motif Tampok Manggis
  8. Batik Jambi motif Tabor Titik
  9. Batik Jambi motif Angso Duo Bersayap
  10. Batik Jambi motif Kaca Piring

Masih banyak lagi jenis motif yang disebarluaskan di dunia batik tradisional Indonesia, tetapi secara keseluruhan motif tersebut memiliki makna serta kesan yang mewah memperlihatkan kewibawaan. Kemudian dari segi warna, tentunya jika kita analisa dari sejarahnya, kesan warna cerah, ceria, dan keriangan sangat sering ditampilkan bahkan sangat dominan untuk budaya batik Jambi. Kemudian untuk pemaknaan sangatlah mendalam, banyak motif dari batik Jambi mempunyai arti untuk pengenalan ilmu pengetahuan, lalu beberapa motif lain menggambarkan sebuah pemaknaan keimanan dan ketaqwaan guna mampu melakukan segala pekerjaan dengan baik dan maksimal, kemudian beberapa makna yang memperlihatkan kearifan dari budaya kota Jambi, geografis, dan juga beberapa kepercayaan adat istiadat semuanya muncul pada setiap motif yang ditampilkan dari setiap masing-masing motifnya.

Demikian ulasan menarik mengenai kesannya dari batik Jambi, dari setiap model motif yang berbeda tentunya memiliki makna yang berbeda. Hal tersebut sangatlah memperlihatkan sebuah pemikiran yang tidak sembarang dari seorang sultan yang berdedikasi dan memiliki kesempatan untuk berdakwah memberikan ilmu pengetahuan. Semoga uraian di atas dapat menambah wawasan Anda dalam mencari sebuah pakaian batik yang unik dan berbeda dari batik umumnya di pulau Jawa.

Batik Jambi dan Penjelasannya tags:

batik jambi angso duo, batik jambi motif kapal sanggat, batik jambi durian pecah, batik jambi modern, batik jambi dan maknanya, motif batik jambi angso duo, motif batik jambi dan maknanya, sketsa motif batik jambi, kain batik jambi, motif batik jambi durian pecah, baju batik jambi, makna batik jambi angso duo, kerajinan batik tulis jambi, proses pembuatan batik tulis jambi, cara membuat batik tulis jambi, harga batik tulis jambi, 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s